Abstrak : Kualitas sumber daya manusia pada dasarnya terdiri dari 2 aspek, yakni aspek fisik (kualitas fisik) dan aspek non fisik (kualitas non fisik) yang menyangkut kemampuan bekerja, berfikir dan ketrampilan-ketrampilan lain. Untuk meningkatkan kualitas atau kemampuan, maka upaya pendidikan dan pelatiham adalah yang paling dibutuhkan. Pengembangan sumber daya manusia guru-guru harus selalu dilaksanakan, serta terprogram waktu serta penjenjangannya, dengan demikian akan meningkatkan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas dan memiliki loyalitas, andal serta berkualitas, berpotensi, berwawasan luas yang mampu mengikuti perkembangan iptek, dan memiliki imtaq yang sempurna. Mengingat pentingnya profesionalisme guru bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dalam rangka peningkatan mutu dan pencapaian tujuan pendidikan, maka sangat relevan untuk mengadakan analisis terhadap peningkatan profesionalisme guru melalui pemberdayaan KKG dan MGMP.
Menjadi Universitas yang unggul dan mandiri di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, berjiwa entrepreneur, memiliki daya saing Regional, Nasional, dan Internasional pada
tahun 2043